Menengok Semangat Nasionalisme Kini

Adalah sebuah warisan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh segenap generasi bangsa ini, pencarian identitas sebagai bangsa yang beradab, memiliki martabat sebagai anak bangsa. Sejak masih kerajaan tradisional, semangat nasionalisme serta mencintai bangsanya sudah ada, Raja Kertanegara menghakimi utusan Raja Khubilai Khan yang datang ke Kerajaan Melayu menunjukkan bahwa betapa besar rasa cinta terhadap tanah airnya juga adalah karena semangat nasionalismmenya.

pemberontakan Sultan Agung dari Kerajaan  Mataram akibat dari ulah Belanda yang ingin memonopoli perdagangan di kerajaan tersebut, demikian juga dengan perjuangan Sultan Iskandar Muda, Thomas Matulessy, Pangeran Antasari, serta para pahlawan lain sebelum era masa pergerakan menunjukkan betapa rasa cinta tanah air serta semangat yang sangat tinggi dalam membela tanah air tercinta bumi nusantara.

Perjuangan yang tak kenal lelah dalam upaya mengusir penjajah barat semua ini membuktikan betapa semangat nasionalisme yang sangat tinggi diperlihatkan oleh para leluhur bangsa  ini yang kelak menjadi warisan penting bagi generasi bangsa ini. pergerakan nasional indonesia yang muncul pada awal abad ke-  20, menjadi hal yang sangat penting untuk dijadikan sebagai wahana untuk memupuk semangat cinta tanah air. dalam era globalisasi dewasa ini, dengan perkembangan ilmu dan tekologi dewasa ini diserta dengan persaingan pasar yang begitu ketat, membanjirnya produk-produk luar, kurangnya minat terhadapat hasil produksi dalam negeri semakin menunjukkan bahwa semangat cinta terhadap bangsa dan tanah air semakin merosot.

bukan hal yang baru jika kita menyaksikan begitu banyak pelajar yang sering  tawuran baik antara sekolah maupun dengan sekolah lain, munculnya semangat primordialisme, kurangnya penerapan nilai-nilai religi terhadap pelajar sehingga tingkat kenakalan remaja meningkat.

munculnya otonomisasi daerah serta kekeliruan dalam memaknai maksud otonomi tersebut,  maka timbul berbagai masalah yang mengancam integritas NKRI. Banyak daerah mengancam ingin melepaskan diri dan mau menjadi negara merdeka. sumpah pemuda serta peristiwa-peristiwa penting lainnya yang sarat dengan nilai sejarah semakin dilupakan oleh generasi bangsa ini

Konsep penting dalam Sumpah Pemuda harus dimaknai dengan seksama oleh seluruh komponen pemuda serta seluruh elemen masyarakat. Sebagai peristiwa yang sangat sakral, Sumpah Pemuda yang mampu menyatukan seluruh komponen Bangsa Indonesia harusnya dijadikan t0lak ukur dalam kehidupan bersama masyarakat indonesia dewasa, mengingkat semakin kompleksnya  masyarakat seiring dengan jalanya waktu serta kebutuhan.

Salah satu penyebab banyak timbulnya berbagai masalah seperti  sering terjadinya pertikaian masal baik antar masyarakat, kalangan pelajar / mahasiswa maupun pertentangan antar penguasa baik secara fisik maupun melalui perang urat saraf  adalah kurangnya semangat nasionalismenya. Melalui pergerakan serta semangat kebangsaan yang tinggi / nasionalisme itulah Bangsa Indonesia bisa hidup di alam kemerdekaan.

Sebagai klimaks dari perjuangan Bangsa Indonesia adalah dengan diproklamasikannya kemerdekaan Bangsa Indonesia pada Tangga l 17 Agustus 1945. Berbagai peristiwa penting yang mewarnai perjalanan bangsa ini harusnya menjadi pelajaran berharga dalam upaya menumbuhkan semangat  kebangsaan dewasa ini. Olehnya itu, semangat nasionalisme harusnya dipupuk terus pada generasi bangsa ini, khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, Sehingga bangsa ini akan kembali terintegrasi dengan baik dan terhindar dari upaya disintegrasi.

Nasionalisme dewasa ini jelas berbeda dalam praktinya dengan nasionalisme sebelumnya. Nasinalisme sebelumnya diwujudkan melalui perjuangan yang nyata dengan mengangkat senjata untuk melawan kaum penjajah diberbagai daerah oleh rakyat. Walaupun masih bersifat kedaerahan, namun merupakan embrio bagi munculnya persatuan dan kesatuan serta integrasi bangsa dikemudian hari, hal ini terbukti dengan dilaksanakannya Sumpah Pemuda yang mengakomodir seluruh komponen pemuda di Tanah Air ini walaupun hanya melalui perwakilannya.  Pada era awal abad ke-20, semangat nasionalisme muncul melalui pergerakan nasional dengan organisasi sebagai kendaraannnya.  Tokoh-tokoh penting berjuangan dengan alat organisasi sebagai wujud kecintaanya kepada bangsanya.  Agak sedikit berbeda dengan masa revolusi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Jika masa sebelumnya nasionalisme diwujudkan melalui pergerakan nasional, maka pada masa ini semangat nasionalisme semakin kental, semangat nasionalisme diwujudkan dengan melalui perjuangan baik fisik bersenjata maupun dengan organisasi diplomasi.

Nasionalisme seperti apakah yang seharusnya untuk dewasa ini…? ini tentunya harus dilihat secara lebih bijak lagi. Harus diakui secara jujur bahwa Nasionalisme kini mengalami degradasi. Banyak faktor tentunya yang mempengaruhi perkembangan nasionalisme dewasa ini, pengaruh yang paling menonjol adalah pengaruh dari luar yang berkaitan dengan budaya barat, Tentunya yang berkaitan dengan berbagai model kebudayaan serta tradisi barat serta segala hasil produk barat. Media massa serta media elektronik menjadi jembatan yang ampuh dalam mempengaruhi pemikiran kaula muda. Ini tentunya akan menjadi PR bagi seluruh komponen bangsa ini untuk mengembalikan semangat cinta terhadap tanah air. Pengetahuan yang baik mengenai nasionalisme serta cinta tanah air harus diberikan kepada generasi bangsa ini khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. Hari-hari besar nasional khususnya Sumpah Pemuda harus dilaksanakan bukan sekedar hanya melalui upacara tetapi harus direalisasikan sebagaimana awalnya. Menjaga identitas nasional adalah sangat penting, menjaga identitas nasional ini tentunya berkaitan erat dengan menjaga budaya daerah.  Terkait dengan hal ini, maka kurikulum lokal sangat penting.

Berkaitan dengan hal ini, maka seluruh komponen bangsa ini harus benar-benar menyadari bahwa semangat kebangsaan harus ditanamkan kepada setiap generasi.

Oleh : Kaindea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: