pentingnya arti sejarah

perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat banyak orang lupa akan perjalanan kisah penting dari masa yang telah memberitahukan kepada kita darimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu mulai perkembangannya. sejarah seakan terlupakan begitu saja, seakan tercampakkan begitu saja. bukankah presiden kita yang pertama dalam sebuah pidatonya mengatakan bahwa jangan sekali-kali melupakan sejarah (JASMERAH). Namun ternyata generasi bangsa ini, apalagi generasi yang lahir dari era 70an dan 90an benar-benar melupakan sejarahnya, meraka tidak pernah menyadari betapa pentingnya arti sejarah.

Dalam kalangan masyarakat bahkan kalangan intelektual sekarang, dalam pikiran mereka menganggap sejarah hanya kisah masa lalu, kisah tentang batu-batuan yang tiada berguna, mereka sebenarnya lupa bahwa sejarahlah yang memberitahukan kepada mereka suatu ilmu, mereka lupa bahwa sejarahlah yang memberitahukan kepada mereka bagaimana mereka dilahirkan, dibesarkan dan berproses hingga dewasa ini. Mereka tidak pernah menyadari bahwa sesungguhnya sejaralah yang mengajak mereka untuk untuk melakukan perubahan terhadap hidup mereka, pekerjaan mereka.

Dari manakah seorang mendapatkan ilmu, darimana seseorang punya pengetahuan tentang sesuatu, siapa yang menulis dan apa yang merekam semua pengalaman yang pernah terjadi, sejarahlah yang menjadi saksi atas semua itu, namun hanya sedikit dari orang-orang yang menyadari hal itu.

seseorang tidak mungkin mengulangi melakukan kesalahan untuk kesekian kalinya, karena ia menyadari bahwa itu hal yang tidak baik baginya, makanya ia akan melakukan perubahan kearah yang lebih baik dari sebelumnya. itulah pentingnya arti sejarah,  sejarah mengajak kita untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. sejarah mengajak kita untuk menatap masa depan kita besok.

Dewasa ini kesadaran akan sejarah bangsa ini dari hari kehari semakin mengalami degradasi, kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para leluhur bangsa ini seakan sirna. kesadaran akan sejarah bangsa semakin hilang dari benak generasi bangsa ini, mereka melupakan sejarah bangsanya. menyadari akan hal ini, maka kepada segenap komponen bangsa ini harus segera mengambil langkah yang bijak agar kelestarian sejarah bangsa ini bisa terjaga, terjaganya sejarah bangsa ini, berarti akan terjaga pula identitas bangsa ini.

5 januari 2008

oleh : sas btn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: